Posted on Leave a comment

Pentingnya Manajemen Keuangan Bisnis

Dalam menekuni suatu bisnis, masalah keuangan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Pasalnya, masalah finansial bisnis sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan usaha yang mana apabila tidak dapat dikelola dengan baik dapat mengakibatkan kebangkrutan. Bisnis sangat erat kaitannya dengan untung rugi. Oleh karena itulah, manajemen keuangan menjadi satu prioristas penting agar operasional bisnis bisa terkelola dengan lancar. Terutama bagi pebisnis pemula, perlu komitmen yang tinggi dalam mengelola keuangan usaha sehingga dapat “memutar uang” untuk membuat bisnis menjadi lebih berkembang. Lebih lengkap pentingnya manajemen finansial bisnis, berikut uraiannya:

Mengelola biaya/beban

Untuk dapat menjalankan sebuah usaha dengan baik, harus bisa mengelola semua biaya-biaya yang perlu dikeluarkan. Hal ini tidak hanya mencakup bahan baku atau stok barang tetapi juga untuk beban lainnya seperti biaya telepon, listrik, karyawan, asuransi, hingga pajak khususnya untuk usaha menengah ke atas. Mengelola semua biaya yang harus dikeluarkan tepat pada waktunya sangat penting untuk diperhatikan agar tidak membuat hutang menumpuk. Sebaliknya, jika semua kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan maksimal operasional usaha juga memungkinkan bisa lancar.

Membantu perencanaan bisnis ke depan

Setiap pelaku bisnis tentu menginginkan usahanya bisa berkembang pesat dan bahkan berkesempatan memiliki banyak cabang usaha. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh pun bisa berlipat ganda. Mengelola keuangan adalah hal yang perlu dicermati untuk mewujudkan hal tersebut. Mengatur dan mengumpulkan laba yang diperoleh membuka peluang untuk mengembangkan usaha, baik itu dengan memperluas lapak maupun juga menambah outlet. Membuat bisnis menjadi besar memang tidak mudah apalagi dengan modal yang terbatas, namun dengan perencanaan yang matang bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Pastikan Anda memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Menghindari hutang

Tidak sedikit pelaku bisnis ketika telah memperoleh keuntungan banyak digunakan untuk kepentingan pribadi. Hal tersebut pada dasarnya sah-sah saja. Namun, untuk membuat usaha tetap lancar wajib mengetahui dan dapat memisahkan antara keuangan bisnis dengan pribadi. Jika keuangan usaha digunakan untuk berfoya-foya, tidak akan berlangsung lama bisnis bisa ambruk. Ketika tagihan tidak dapat dilunasi karena kas minim dan untuk memperoleh stok barang pun harus melakukan pinjaman, maka sangat beresiko bagi keuangan bisnis. Oleh sebab itu, satu hal yang tak kalah patut untuk diingat ketika mendapat laba ialah harus pandai mengalokasikannya ke rekening khusus untuk perencanaan bisnis di masa depan dan dapat mengendalikan diri untuk tidak melakukan pemborosan.

Manajemen keuangan tidak bisa dianggap mudah. Dalam usaha skala besar pun tidak jarang pelaku bisnis menggunakan jasa perencana keuangan agar omset bisnis yang diperoleh bisa aman dan finansial pun dapat terkendali dengan sehat. Selain itu, dalam mengelola keuangan usaha ada beberapa hal yang dapat dilakukan supaya kas tetap aman, dimulai dengan membuat budget secara rutin khususnya untuk semua pengeluaran termasuk membayar tagihan, sampai dengan membuat pembukuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *